Senin, 30 Januari 2012

Kenapa Amerika dijuluki negara Paman Sam?


Sejak SD mungkin kita sudah tahu sebutan lain dari negara Amerika adalah Negeri Paman Sam,Tapi tahukah anda kenapa bisa sampai dijuluki demikian?,Cekidot...

Dulu di Amerika ada seorang sukarelawan pejuang ber umur 14 tahun yang bernama Samuel Wilson,ketika dewasa ia membuka sebuah usaha pengemasan daging yang menyuplai bertong-tong daging selama perang di tahun 1812.
Pada suatu hari barang-barang untuk kepentingan tentara di beli oleh seorang kontraktor bernama Elbert Anderson di daerah Troy New York.Pada saat itu barang yang dia beli diperiksa oleh Ebenezer dan Samuel Wilson,Samuel Wilson sehari-hari sering dipanggil uncle sam oleh teman temannya.Setiap paket ditandai dengan inisial EA-US,ketika di mintai arti inisial tersebut,pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Uncle Sam,yang seharusnya United States.

Semenjak itulah nama Uncle Sam mem-booming sampai sekarang.Kisah ini akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika.

komentar:

Ahmad Halim Sholeh mengatakan...

ow...baru tau..nice info, berarti kalo bernama paijo dijuluki paman jo ckckck

wawa chid mengatakan...

haha paman pai yo iso bro hahaha

Posting Komentar

 
TAHUKAH ANDA? powered by blogger.com
Design by Simple Diamond Blogger Templates