Jumat, 02 Maret 2012

Tohpati

Tohpati Ario Hutomo lahir di Jakarta, 25 Juli 1971 atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tohpati adalah seorang gitaris dan penulis lagu Indonesia.Semenjak kecil Tohpati sudah menunjukkan ketertarikanya pada dunia musik dan bercita-cita menjadi musisi terbukti dari banyaknya festival yang ia ikuti meskipun belum termasuk dalam kelas profesional. Salah satunya ia berhasil menyandang titel "The Best Guitarist" dalam sebuah festival band se-Jakarta saat dia berumur 14 tahun.
 Prestasinya tidak hanya berhenti disini, 4 tahun kemudian dia kembali predikat The best Guitarist yang kali ini merupakan hasil dari festival band se-Jawa. Penghargaan ini adalah awal dari karirnya dan pada tahun yang sama Tohpati dapat merebut gelar The best Guitaristdalam festival Yamaha Band Explosion dimana ini adalah festival band kelas Nasional. Setelah memenangkan penghargaan tersebut Tohpati memutuskan untuk memulai karir profesionalnya, yang dimulai pada tahun 1993 dia bergabung dengan band Simak Dialog (Riza Arshad, Arie Ayunir and Indro).
Tohpati merupakan salah satu gitaris jazz yang terkenal. Hal tersebut dikarenakan seringnya ia tampil di TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain. Banyak karya-karyanya memadukan elemen kebtdayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musik-musiknya. Aliran musik jazz-nya dipengaruhi oleh banyak gitaris jazz dunia, tapi yang paling besar dalah pengaruh dari gaya permainan Pat Metheny.

berikut karya-karya dari sang maestro :
Tohpati - Self Titled [1998]
download
Tohpati - Serampang Samba [2002]
download
Tohpati - It's Time [2008]
download
Tohpati Ethnomission - Save The Planet [2010]
download


komentar:

Posting Komentar

 
TAHUKAH ANDA? powered by blogger.com
Design by Simple Diamond Blogger Templates